Pelajaran 5 "النُّزْهَةُ" (Tamasya)

Hari/Tanggal    : Senin, 21 Februari 2022

Kelas                : 6A, 6B, 6C, 6D, 6E dan 6F

Tema                : "النُّزْهَةُ" (Tamasya)

Tujuan              : Melafalkan dan menyebutkan mufradat (kosa kata) dan qissoh (cerita)


السلام عليكم ورحة اللله وبركاته


كَيْفَ حَالُكُمْ؟

Bagaimana kabar kalian?

لَعَلَّكُمْ فِي حَالَةِ الَخيْرِ وَالسَّعَادَةِ

Semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja dan berbahagia

صَبَاحُ الَخيْرِ؟

Apakah pagi kalian baik?

لَعَلَّ صَبَاحَكُمْ فِي حَالَةِ الَخيْرِ وَالسَّعَادَةِ

Semoga pagi kalian dalam keadaan baik-baik saja dan berbahagia


  • Baik anak-anak yang shaleh dan shalehah, insya Allah pada hari ini kita akan  melanjutkan tema pada pertemuan sebelumnya yaa, lebih tepatnya tentang :

النُّزْهَةُ
(Tamasya)
  • Boleh dibuka bukunya halaman 82 dan 83 yaa.



  • Untuk memudahkan kita membaca mufradat (kosa kata) di atas, abi akan coba menulis dalam bahasa latin.
  1. Matoorun / Matoorootun      : Bandara 
  2. Miinaaun / Mawaaniu           : Pelabuhan
  3. Mahattotul Baashi                 : Terminal Bus
  4. Mahattotul Qitoori                : Stasiun Kereta Api
  5. Mangzhorun / Manaazhiru   : Pemandangan
  6. Maujun / Amwaajun             : Ombak
  7. Thooro - Yathiiru                  : Terbang
  8. Habatho - Yahbithu              : Mendarat
  9. Istaghroqo - Yastaghriqu      : Menghabiskan
  10. Rohala - Yarhalu                  : Pergi, Berangkat

  • Baik anak-anak yang shaleh dan shalehah, setelah menulis, membaca dan menghafalkan mufradat (kosa kata) tadi, sekarang kita akan masuk ke pembahasan qissoh (cerita)
  • Boleh Bukunya dibuka di halaman 85 yaa

  • Untuk memudahkan kita membaca qissoh (cerita) di atas, abi akan coba menulis dalam bahasa latin.
        "Dzahabat al 'Aailatu bis sayyaaroti fis sobaahi al baakiri. Saarotis sayyaarotu bisyaari'in wasatol madiinati. Jaanibas syaari'i mabaanii kabiirotun wa 'imaarootun 'aaliyatun. Khorojatis sayyarotu minal madiinati wa saarot bisyaari'in thowiilin khoolin. Jaanibas syaari'i mazaari'u wa hadaaiqu waasi'atun. Al manaadhiru jamiilatun. Ba'da saa'atin wasola Marwan baita 'ammihi. Rohhaba bihi 'ammuhu tarhiiban jamiilan wa adkholahu ilal baiti."

  •  Anak-anak yang shaleh dan shalehah, setelah kita mempelajari mufradat (kosa kata) dan qissoh (cerita) tentang Tamasya, sekarang silahkan kerjakan tugas di bawah ini yaa
Tugas Harian

A. Jawablah pertanyaan mufradat (kosa kata) di bawah ini dengan baik dan benar!
  1. Apa bahasa Arab dari kata "Stasiun kereta api dan Ombak"?
  2. Apa bahasa Arab dari kata "Terminal bus dan Pemandangan"?
  3. Apa bahasa Arab dari kata "Bandara dan Mendarat"?
  4. Apa arti dari kata "مِيْنَاءٌ وَ طَارَ - يَطِيْرٌ"?
  5. Apa arti dari kata "رَحَلَ - يَرْحَلُ وَ اِسْتَغْرَقَ - يَسْتَغْرِقٌ"?
B. Carilah arti dari teks qissoh (cerita) yang baru saja kita pelajari!



  • Anak-anak yang shaleh dan shalehah, mungkin untuk materi hari ini kita cukupkan sampai disini.
  • Sebelum kita menutup pelajaran kita hari ini, marilah bersama-sama kita ucapkan Hamdalah
الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَِميْنَ
        Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin

  • Semangat terus dalam menuntut ilmu yaa anak-anak yang shaleh dan shalehah dan jangan lupa untuk mengerjakan tugas nyaa

والسلام عليكم ورحة اللله وبركاته 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi-kisi Ujian Sekolah (US) 2024

Pelajaran 4 "فِي غُرْفَةِ الاِسْتِقْبَالِ وَالمُذَاكَرَةِ (Di Ruang Tamu dan Ruang Belajar)

Ulangan Harian Kls 5 "فِي غُرْفَةِ الاِسْتِقْبَالِ وَالمُذَاكَرَةِ (Di Ruang Tamu dan Ruang Belajar)"